Dari Redaksi


Pergantian Pucuk Pimpinan LAN

Pembaca yang berbahagia,
Selama perjalanan di tahun 2008 ini, kami punya banyak sekali pengalaman yang kami dapatkan. Semua tentunya akan menjadi refleksi untuk menyertai perjalanan pengabdian kami dalam kehidupan di tahun berikutnya.

Peristiwa penting juga mewarnai kehidupan organisasi. Pergantian pucuk pimpinan LAN nampaknya menjadi peristiwa pamungkas dari sekian banyak peristiwa penting lainnya. Suksesi Pimpinan LAN sangat ”mewarnai” setiap proses aktifitas organisasi. Pertemuan rutin dan non rutin, pembukaan dan penutupan Diklat, acara keagamaan dan sosial, acara formal dan informal, secara langsung atau tidak cukup menyerap energi dan sumber daya lainnya dalam memberi nuansa pergantian tersebut.

Siklus organisasi bekerja seirama dengan hukum alam Sunnatullah. Ada siang ada malam, ada hidup ada mati, ada yang datang dan ada yang pergi. Pemimpin punya masa pengabdian suatu saat pasti akan berakhir, dan pada masa itu lah peristiwa dan nilai kepemimpinan dinilai oleh manusia dan Tuhan. Dalam mempelajari kepemimpinan Peter F Drucker mengatakan bahwa ada banyak pelajaran yang bisa diambil. Pertama, di dunia ini banyak sekali ”pemimpin karena bakat”, tetapi sedikit sekali dari mereka yang bisa diandalkan. Kedua, bahwa ”kepribadian pemimpin”, ”gaya kepemimpinan” dan ”sifat kepemimpinan” itu tidaklah ada. Karena itulah kepemimpinan harus dan dapat dipelajari, dan karena itu pula para pemimpin harus terus belajar.

Pemberitaan seputar suksesi pimpinan akan mewarnai terbitan akhir tahun ini. Terlepas dari urusan tentang suksesi Kepala LAN, redaktur kami tetap menurunkan berita rutin lainnya diantaranya kegiatan Bidang Diklat Aparatur PKP2A III LAN Samarinda dari berbagai tempat diantaranya kegiatan di Banjarbaru, Pontianak dan Samarinda, dan juga kegiatan organisasi di Banda Aceh dan Jakarta. Kegiatan lain yang juga disampaikan ke pembaca adalah kerjasama dengan Sekretariat Nasional PTKYB BAPPENAS dan kerjasama dengan Dinas Perkebunan Propinsi Kaltim. Periode laporan kegiatan tentunya pada bulan September hingga Desember saat Majalah TD naik cetak, nah pembaca yang budiman, selamat menikmati.

Salam hangat kami dari kota TEPIAN Samarinda
Redaktur

Tidak ada komentar:

Posting Komentar