BKD KOTA TARAKAN TERUNGGUL DALAM MENGELOLA KEPEGAWAIAN









BKD Kota Tarakan adalah satuan kerja perangkat daerah yang mengelola kepegawaian pada lingkup Pemerintah Kota Tarakan. Pada awalnya BKD Kota Tarakan merupakan salah satu dari 10 (sepuluh) unit kerja setingkat Bagian yang berada di lingkup Sekretariat Wilayah Kotamadya Daerah Tingkat II Tarakan sebagai pelaksana atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 1997 tentang Pembentukan Kotamadya Daerah Tingkat II Tarakan dengan sebutan Bagian Kepegawaian. Susunan organisasinya berdasarkan Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Nomor : 01-02 Tahun 1998 tentang susunan dan tata kerja organisasi Bagian Kepegawaian Daerah Kota Tarakan, yaitu :
Kabag. Kepegawaian dibantu :
1. Sub Bagian Umum Kepegawaian;
2. Sub Bagian Pengembangan Kepegawaian;
3. Sub Bagian Mutasi Kepegawaian;
4. Sub Bagian Kediklatan Kepegawaian.
Jenis pelayanan administrasi Kepegawaian yang diberikan kepada para PNS adalah :
Ø Penerimaan seleksi CPNS;
Ø Pengangkatan, Pemindahan, dan Pemberhentian PNS di lingkungan Pemkot Tarakan;
Ø Pelayanan Kenaikan KGB;
Ø Seleksi Diklat Struktural;
Ø Melaksanakan Diklat untuk PNS yang menduduki/akan dipromosikan ke Jabatan struktural;
Ø Mengurusi Kenaikan Pangkat Bagi PNS di lingkungan Pemerintah Kotamadya Tingkat II Tarakan;
Ø Mengirim PNS untuk tugas belajar (Tubel).
Pada tahun 2000 BKD Kota Tarakan dibentuk berdasarkan Keputusan Presiden Nomor : 159 Tahun 2000 Tanggal 10 November 2000 tentang Pedoman Pembentukan Badan Kepegawaian Daerah di seluruh Propinsi Kabupaten/Kota di Indonesia, dan Peraturan Daerah Kota Tarakan Nomor : 22 Tahun 2000 tentang Pembentukan Organisasi Lembaga Teknis Daerah Kota Tarakan. BKD Kota Tarakan dipimpin oleh seorang Kepala Badan (eselon IIb) dibantu 3 Kepala Bidang dan 1 Kabag Tata Usaha (eselon 3A), untuk membantu kelancaran dalam memberikan pelayanan setiap Bidang dan Bagian dibantu masing-masing 2 Kasubbid/Kasubbag (eselon IVa). Kepala BKD bertanggung jawab langsung kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah Kota Tarakan. BKD Kota Tarakan berkedudukan di Jl. Kalimantan No. 1 Kota Tarakan, Kalimantan Timur.
Perubahan selalu terbuka bagi siapa saja, tidak terkecuali korps aparatur negara yang telah terbelenggu oleh budaya organisasi birokrat. Dari keinginan untuk selalu berinovasi dan memiliki budaya kerja profesional serta tuntutan e_government, visi, misi, dan nilai-nilai stratejik BKD Kota Tarakan disepakati bersama.
Visi : Institusi Pengelola Manajemen Kepegawaian yang Kredibel dan Berbasis Teknologi Informasi Terunggul di Indonesia Timur 2010
Misi :
1. Menyelenggarakan seluruh kegiatan manajemen kepegawaian secara profesional melalui teknologi informasi yang kredibel.
2. Meningkatkan pengetahuan, keahlian, keterampilan dan sikap perilaku sumber daya aparatur untuk melaksanakan tugas secara professional.
3. Menciptakan sumber daya aparatur yang berperan sebagai pembaharu dan responsif terhadap perkembangan lingkungan stratejik organisasi.
4. Memantapkan sikap dan semangat pengabdian aparatur yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman dan pemberdayaaan masyarakat.
5. Mewujudkan disiplin dan motivasi kerja aparatur dalam penyelenggaraan pelayanan publik.
6. Menciptakan kesamaan visi, kesatuan dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas manajemen dan pelayanan publik.
Nilai-nilai Stratejik :
1. Togetherness; bekerja dalam kebersamaan jauh lebih baik daripada bekerja sendiri-sendiri
2. Assist; kesediaan untuk selalu memberikan bantuan dengan ikhlas.
3. Willingness; kesediaan bekerjasama berdasarkan kerjasama dan kooperatif
4. Kindness; berperilaku santun, rendah hati, serta selalu memberikan kesejukan dalam setiap pertemuan.
5. Innovation; menjaga dan melanjutkan tradisi inovasi
Untuk mencapai visi dan menjalankan misi, BKD Kota Tarakan membangun dan mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian yang sebenarnya telah dilakukan sejak tahun 2002, namun mengalami pasang surut perkembangan. Pada akhirnya tahun 2004 tim teknologi informasi dibentuk yang terdiri dari tiga orang berasal dari internal BKD Kota Tarakan. Sampai saat ini Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian BKD Kota Tarakan telah dikembangkan untuk dapat mempermudah seluruh pekerjaan. Elektronik layanan yang telah dibangun adalah e_personal untuk aplikasi data personal pegawai, e_dokumen untuk aplikasi surat-menyurat nirkertas, e_baperjakat untuk aplikasi promosi dan hal-hal yang berhubungan dengan pertimbangan pangkat dan jabatan lainnya, e_datapns untuk aplikasi penerbitan SKGB, SLKS, data ASKES, dan hal-hal yang berhubungan dengan data dasar aparatur, e_pensiun untuk aplikasi pensiun dan mutasi, e_kenpa untuk aplikasi kenaikan pangkat, e_diklat untuk aplikasi kediklatan aparatur, izin belajar dan tugas belajar, e_cuti untuk aplikasi cuti pegawai, dan e_inventaris untuk aplikasi pengelolaan barang.
BKD Kota Tarakan terus berinovasi dan menjadikan motto “Your Satisfaction is Our Priority” sebagai nafas kinerja pelayanan yang dilakukan baik kepada aparatur maupun masyarakat. Salah satu langkah strategis untuk mendorong upaya perbaikan dalam pelayanan publik yang berkualitas (prima) adalah dengan pengembangan Sumber Daya Aparatur. Dan tahap awal pembangunan sistem informasi adalah dengan menyiapkan Sumber Daya Aparatur untuk alih teknologi.
Setiap inovasi selalu dibarengi dengan peningkatan kapasitas sumber daya aparatur. Pelatihan-pelatihan yang telah dilakukan tidak hanya di luar wilayah, namun juga in house training. Pelatihan teknis untuk para tim TI mulai dari web programming, web design, rekayasa jaringan, bimbingan teknis untuk setiap layanan yang diberikan BKD Kota Tarakan, dan pengembangan kapasitas pribadi.
Pelatihan untuk tim teknologi informasi dilakukan dengan membawa kasus-kasus dalam pembangunan dan pengembangan sistem informasi sehingga implementasi dapat langsung dilakukan. Untuk pemeliharaan motivasi dan budaya kerja misalnya in house training “Pengembangan Kepribadian”, Team Building.
Dan stimulasi semangat perbaikan serta inovasi pelayanan akhirnya diperoleh dengan terpilihnya BKD Kota Tarakan sebagai nominator gambaran yang obyektif dari Unit Pelayanan dalam bentuk kompetisi Unit Pelayanan secara nasional dengan memperebutkan penghargaan “Citra Pelayanan Prima”.
Dari hasil penilaian calon penerima Piala Citra Pelayanan Prima Tingkat Nasional, BKD Kota Tarakan berhasil menjadi nominator Penerima Piala Citra Pelayanan Prima untuk kemudian diuji publikkan di Harian Nasional Kompas.
Berdasarkan Surat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor Und/662/S.PAN/10/2008 Tanggal 19 Oktober 2008, Badan Kepegawaian Daerah Kota Tarakan ditetapkan sebagai penerima Piala Citra Pelayanan Prima dengan menyisihkan 251 unit pelayanan dari berbagai Instansi Pemerintah baik Instansi Pemerintah Pusat, Instansi Pemerintah Daerah maupun BUMN, BUMD serta BLU. Penghargaan Piala Citra Pelayanan Prima Tahun 2008 diserahkan Bapak Presiden Republik Indonesia pada hari Jumat, tanggal 31 Oktober 2008 di Istana Negara Jakarta.
Dan di tahun 2010 nanti BKD Kota Tarakan akan bekerja dengan mimpi yang baru, dimulai dari perubahan motto yang telah dikenalkan di web bkd.tarakankota.go.id yaitu “BKD Kota Tarakan, Insight of Civil Service”. Dan rencana pengembangan Sumber Daya Aparatur:
1. Publikasi Assessment Center dan dijalankannya metode ini untuk pemetaan kompetensi aparatur
2. Peningkatan Kapasitas Kepegawaian dengan diseminasi sistem informasi ke SKPD di lingkup internal Pemerintah Kota Tarakan
3. Pelatihan ke tingkat advance bagi tim teknologi informasi
4. Outbound, dan Pelatihan internal untuk meningkatkan ketrampilan penggunaan aplikasi system bagi end user (pengguna langsung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar