KUNJUNGAN KERJA KEPALA LAN DI SAMARINDA

Senin 10 Agustus 2009, merupakan hari-hari yang sangat sibuk dilalui Kepala LAN Dr. Asmawi Rewansyah, M.Sc. Betapa tidak, pagi hari tatkala para PNS baru bersiap memulai aktivitas pengabdiannya, Kepala LAN beserta rombongan sudah harus menemui Gubernur Kaltim dalam sebuah audiensi. Pertemuan yang dilakukan pada pukul 07.30 Wita pagi hari tersebut dilakukan di Ruang Tamu Gubernur Kaltim di Lamin Etam (Rumah Dinas Gubernur Kaltim). Kepala LAN didampingi Sekretaris Utama Drs. Panani, MA., Kepala PKP2A III LAN Samarinda Dr. Meiliana, serta Kepala Biro POK Drs. Guntur Karnaeni, M.Si.
Dalam pertemuan yang sangat efektif tersebut, Gubernur Kaltim menyetujui perpanjangan waktu penggunaan Kantor PKP2A III LAN Samarinda. seperti diketahui bahwa masa peminjaman kantor ex Kanwil Pertanian tersebut hanya 5 tahun dan berakhir di tahun 2009. Gubernur secara verbal bahkan mengatakan bahwa sepanjang LAN masih ingin menggunakan gedung tersebut, maka pihak Pemerintah Propinsi tidak keberatan. Kepala LAN menyatakan terima kasih atas dukungan dan pembinaan yang dilakukan selama ini dengan PKP2A III LAN Samarinda. Banyak kerjasama yang telah dibina baik dalam kegiatan Kajian maupun dalam kegiatan Pembinaan Diklat Aparatur. Keberadaan PKP2A III LAN Samarinda sejak didirikan sudah memberi banyak kontribusi bagi kemajuan daerah Kaltim dan juga wilayah Kalimantan lainnya.
Gubernur Kaltim H. Awang Farouk Ishak juga merespon adanya keinginan LAN untuk membantu memfasilitasi orientasi Pengembangan Kapasitas Anggota Legislatif di Kaltim. Gubernur juga memberi respon yang positif adanya rencana membuka Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) STIA LAN di Samarinda untuk mempercepat laju pengembangan SDM Aparatur di Kaltim.

Selesai bertemu Gubernur, Kepala LAN langsung menuju Badan Diklat Propinsi Kaltim untuk menyampaikan ceramah umum tentang Reformasi Birokrasi dan Kebijakan Diklat Aparatur di masa depan. Acara yang dimoderatori Kepala Badan Diklat Propinsi Kaltim Dra. Farida Widyawati, M.Si, berjalan lancar hingga pukul 12.00 siang hari. Kepala LAN memaparkan tentang siklus pengembangan Administrasi Negara dikaitkan dengan Reformasi Birokrasi yang sedang digalakkan pemerintah. Mantan Ketua Tim Nasional Reformasi Birokrasi ini juga mengungkapkan pentingnya melakukan pembenahan pada semua level pemerintahan agar menjadi lebih efektif dan berdayaguna. Kepala LAN memaparkan materi dihadiri oleh para pejabat di lingkungan Pemerintah Propinsi Kaltim dan peserta Diklat.
Usai beristirahat dan makan siang di Badan Diklat Propinsi Kaltim, Kepala LAN bersama rombongan menyempatkan diri meninjau pembangunan Kantor PKP2A III LAN Samarinda di Ring Road III. Seperti biasa Kepala LAN sangat memperhatikan detail-detail dari pembangunan dan memperhatikan aspek-aspek yang sangat penting. Kunjungan lapangan ini juga diikuti oleh seluruh rombongan. Usai meninjau gedung asrama dan gedung perkantoran, Kepala LAN menyempatkan diri melakukan rapat teknis dengan semua pengelola proyek, baik pelaksana PT Waskita Karya, Konsultan Perencana, Manajemen Konstruksi dan pihak pengelola di lingkungan LAN Samarinda. Pada kesempatan tersebut, Bapak Kepala LAN kembali menegaskan agar permasalahan galian baru segera dituntaskan sebelum akhir tahun, agar progres pembangunan dapat terus ditingkatkan sesuai perencanaan yang sudah disepakati. Pada sisi lain Sestama dan Kepala Biro POK juga meminta untuk tetap berhati-hati dalam aspek administrasi proyk serta memperhatikan daya serap anggaran. Guntur Karnaeni mengingatkan pihak kontraktor bahwa jika progres tidak bisa dipercepat dapat mengakibatkan daya serap anggaran bisa menjadi lambat.
Selepas kunjungan ke lokasi pembangunan Kantor PKP2A II LAN Samarinda, Kepala LAN beserta rombongan meninggalkan kota Samarinda dan dalam perjalanan pulang mampir untuk melihat progres pembangunan Badan Diklat Propinsi Kaltim yang berada di jalur II arah Balikpapan. Kepala LAN bersama rombongan diterima pelaksana proyek dan pejabat Badan Diklat Propinsi Kaltim lalu meninjau dari dekat proses penyelesaian pembangunan tersebut. Gedung Diklat yang diperkirakan menelan anggaran 160 Milyar ini rencananya akan diselesaikan pada tahun 2010 mendatang. Setelah memperhatikan miniatur gedung, Kepala LAN merasa kagum dengan desain kampus masa depan tersebut, seraya berharap agar koordinasi dengan LAN Samarinda dapat lebih ditingkatkan kualitasnya di masa mendatang. Usai meninjau gedung Bandiklat Prop Kaltim, Kepala LAN bersama rombongan meluncur menuju Bandara Sepinggan di Balikpapan untuk kembali ke Jakarta, sungguh hari yang cukup melelahkan.

2 komentar: