BIMTEK ASSESMENT KOMPETENSI PERSONIL POLDA KALTIM

Melanjutkan kegiatan Pembinaan Widyaiswara yang telah terlebih dahulu dilaksanakan di Sekolah Polisi Negara Republik Indonesia pada tahun 2009, tahun ini Bidang Diklat Aparatur PKP2A III LAN kembali ke Balikpapan, tepatnya di Kepolisian Daerah Kalimantan Timur untuk memaparkan materi bagi para Assessor Polda Kaltim mengenai Assessment Kompetensi Personil Kepolisian Daerah Kalimantan Timur. Assessment ini sendiri adalah suatu metoda pelengkap dari metoda-metoda yang telah ada sebelumnya yang nyata-nyata mampu meningkatkan akurasi dalam penempatan orang yang tepat dalam jabatan yang tepat. Dalam hubungannya dengan career planning, metoda assessment dapat mengidentifikasi calon-calon potensial dan menyiapkan calon-calon tersebut (dengan mengetahui kelemahan-kelemahan yang ada dan tindakan untuk mengatasinya — seperti mengikuti pelatihan, dan lain-lain) untuk menduduki jabatan-jabatan tertentu.

Assessor atau si penilai harus dapat mengikuti dan mengamati seluruh proses dengan seksama untuk mengevaluasi setiap dimensi yang telah ditetapkan dan memberikan nilai dalam bentuk angka yang ditulis dalam formulir yang telah disediakan karena seorang assessor memegang peran yang penting dan dominan dalam proses ini. Oleh karena itu assessor harusnya seorang yang benar-benar terlatih dalam bidangnya, baik dalam bidang pemahaman perilaku manusia maupun pemahaman dalam bidang pekerjaan yang diamati.

SDM Polri saat ini juga sudah menggunakan metoda assesment ini untuk menilai kompetensi pegawai Polri untuk menduduki suatu jabatan tertentu dalam struktur organisasi Polri. Seperti yang sudah diselenggarakan saat ini, untuk dapat menduduki jabatan di organisasi, seseorang anggota Polri selain harus memenuhi syarat formal pendidikan juga harus melalui uji kompetensi (assessment). Melalui uji kompetensi ini akan diketahui apakah seseorang yang akan ditunjuk tersebut telah memenuhi kompetensi yang diperlukan dalam jabatan tersebut. Maka untuk menambah bekal para Assessor, diadakanlah kegiatan ini dengan tujuan untuk dapat memberikan bekal kepada para Assessor untuk dapat menjalankan tugas yang diemban sebaik-baiknya.

Kegiatan ini dilaksanakan di Kepolisian Daerah Kalimantan Timur, Balikpapan pada tanggal 12 April 2010 dengan diikuti oleh 40 orang calon assessor pada Kepolisian Daerah Kalimantan Timur dan dibuka langsung oleh Wakapolda. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur III Lembaga Administrasi Negara Dr. Meiliana, SE., MM yang juga memberikan materi dalam kegiatan ini. Acara kemudian dilanjutkan oleh Kepala Bidang Diklat Aparatur Dr. Andi Taufik, M.Si untuk penyampaian materi. Dalam pemaparannya, dijelaskan mengenai Organizational Performance, Pengelolaan SDM dalam Organisasi, Metode Penilaian Kinerja dan hal-hal lain yang diperlukan dalam pengembangan kompetensi assessor untuk dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sebaik-baiknya. Acara yang diselingi dengan tanya jawab dari peserta ini berjalan lancar dan santai namun dengan tidak mengurangi essensi dari diselenggarakannya kegiatan ini sehingga diharapkan apa yang disampaikan dapat benar-benar menjadi masukan baru dan bekal bagi para assessor untuk dapat menjalankan tugas yang diembannya. (Ika)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar