LAN DAN KUKAR TANDATANGANI MoU


Mengawali tahun 2010 ini, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) membuat satu gebrakan besar dalam hal pengembangan sumber daya aparatur daerahnya melalui program pendidikan kedinasan bagi PNS Pemkab Kukar. Hal ini dilakukan dengan harapan akan lebih meningkatkan kinerja serta profesionalisme secara optimal PNS Pemkab Kukar untuk mamfasilitasi penyelenggaraan dan pelayanan publik yang baik dan berkualitas.
Program pendidikan kedinasan ini telah ditandai dengan terlaksananya penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) tentang pengembangan sumber daya manusia aparatur antara Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Lembaga Administrasi Negara (STIA-LAN) yang diwakili oleh Koordinator Penyelenggara STIA LAN/PKP2A III LAN Dr. Meiliana, SE, MM dengan Pemkab Kukar oleh Penjabat (Pj) Bupati Kutai Kartanegara H Sulaiman Gafur. Turut menyaksikan penandatanganan MoU ini antara lain Plt Ketua DPRD Kukar Salehuddin, jajaran PKP2A III LAN, Kepala Dinas/Instansi Pemkab Kukar lainnya pada hari Rabu tanggal 3 Maret 2010 di Pendopo Odah Etam Tenggarong, Kalimantan Timur.


Penjabat (Pj) Bupati Kutai Kartanegara H Sulaiman Gafur menyambut baik atas terlaksananya MoU tersebut. Menurut Sulaiman Gafur, salah satu upaya yang dapat ditempuh dalam rangka meningkatkan kualitas, kualifikasi serta kompetensi PNS di lingkungan Pemerintah Daerah adalah dengan penyelenggaraan pendidikan, pelatihan, bimbingan teknis, workshop, seminar, lokakarya atau sejenisnya. Dari upaya-upaya tersebut tentunya diharapkan setelah mengikuti program dan kegiatan diklat akan memberikan pencerahan sekaligus membangkitkan semangat serta motivasi bagi para PNS untuk menyongsong tugas keseharian lebih baik dan lebih bertanggungjawab.

“Saya berharap, kerjasama ini juga dapat dikembangkan dalam bidang serta program yang lebih luas. Semoga dengan disepakatinya kerjasama ini akan memberikan dampak yang sangat konstruktif bagi upaya pengembangan aparatur, terkait profesionalisme dan kinerja PNS yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas pelayanan publik,” ujar Sulaiman Gafur, seraya menambahkan bahwa semua pegawai mempunyai ruang untuk meningkatkan SDMnya baik di kecamatan maupun di desa. Koordinator Penyelenggara STIA LAN/PKP2A III LAN Dr. Meiliana, SE, MM mengatakan bahwa kerjasama Lembaga Administrasi Negara dengan Pemkab Kukar tersebut merupakan yang pertama kalinya dilakukan di Kaltim. Kerjasama tersebut dalam bidang pengkajian atau penelitian dan pengembangan diklat, bimtek dan lainnya."Kerjasama dengan Pemkab Kukar ini merupakan yang pertama kali di Kaltim, dan tahun ini kembali dilanjutkan MoU yang sama dalam rangka membangun kerjasama dalam pengembangan SDM aparatur melalui penyelenggaraan pendidikan bagi PNS di Kukar," katanya. Lebih lanjut Beliau menjelaskan bahwa LAN sebagai Lembaga think-thank pemerintah dalam perumusan kebijakan di bidang administrasi negara tidak hanya menyelenggarakan pengkajian dan diklat bagi para aparatur saja. tetapi LAN juga melaksanakan pengembangan dan peningkatan kompetensi SDM Aparatur melalui pendidikan kedinasan bagi aparatur pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah yang dilaksanakan oleh STIA LAN. “Kita memahami masyarakat yang kita layani telah mengalami kemajuan yang sangat pesat. Dan semua ini merupakan tantangan semua level pemerintahan. Oleh karena itu para pemimpin dituntut untuk membuat strategi yang tepat dalam menghadapi tantangan tersebut, salah satunya dengan mempersiapkan SDM aparatur yang berkualitas,” ujarnya.
Peraturan kepegawaian memungkinkan para pegawai yang berniat mengikuti pendidikan untuk memilih dua opsi, yaitu tugas belajar atau ijin belajar. dimana tugas belajar dimungkinkan bagi pegawai yang ingin fokus pada kegiatan pendidikan, sehingga dibebaskan dari tugas rutin di Kantor. Sedangkan ijin belajar dimungkinkan bagi pegawai yang selain mengikuti pendidikan tapi masih terlibat dalam pelaksanaan tugas rutin di Kantor. Semoga dengan kerjasama ini nantinya kualitas SDM aparatur dapat ditingkatkan dengan lebih baik.(Nisa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar