KUNJUNGAN WAGUB BENTUK DUKUNGAN PEMERINTAH PROVINSI KALIMANTAN TIMUR


Sejak tahun 2005, PKP2A III LAN telah memulai perannya dalam mengkaji permasalahan administrasi wilayah publik serta mendidik dan melatih aparatur daerah menjadi aparatur yang kompeten. Dalam menjalankan perannya tersebut dibutuhkan adanya dukungan sarana dan prasarana yang representatif, mengingat peran LAN sebagai lembaga think thank kebijakan-kebijakan administrasi dan peningkatan performance aparatur negara.

Hingga saat ini, PKP2A III LAN masih menempati gedung Kanwil Departemen Pertanian yang merupakan gedung pinjaman dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur untuk menjalankan operasional kegiatannya. Dalam upayanya meningkatkan kualitas layanan kepada stakeholder-nya, maka sejak tahun 2008, PKP2A III LAN mulai membangun gedung sendiri, melalui dana APBN, yang berlokasi di Jl. HM. Ardan (Ring Road III). Pembangunan gedung ini dilakukan secara multiyears sejak 2008 hingga 2010 dengan alokasi anggaran sebesar Rp 44,923 miliar.

Keberadaan gedung sebagai tempat peningkatan kualitas sumber daya aparatur serta pengkajian kebijakan-kebijakan administrasi ini mendapat perhatian pula dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Hal ini diwakili dengan peninjauan pembangunan gedung yang dilakukan oleh Wakil Gubernur Kalimantan Timur, H. Farid Wadjdy, pada hari Kamis, 22 April 2010. Beliau menuturkan bahwa gedung PKP2A III LAN ini akan menjadi tempat yang representatif untuk melakukan pendidikan dalam rangka menghasilkan aparatur pemerintah yang berkualitas dan profesional. Sehingga hal ini akan sangat membantu pemerintah daerah, karena yang terjadi selama ini para calon kepala dinas, badan maupun Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) harus mengikuti pendidikan ke luar daerah yang tidak hanya menguras biaya tetapi juga dari segi waktu.

Lebih lanjut beliau menuturkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur tetap akan memberikan dukungan sehingga keberadaan fasilitas milik instansi vertikal ini dapat berjalan dengan baik, serta dapat memberikan manfaat secara optimal bagi Kalimantan Timur. Terkait hal ini, Kepala PKP2A III LAN, Dr. Meiliana, SE, MM, berharap Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dapat memberikan perhatian dan dukungan terhadap gedung baru ini mengingat masih belum adanya ketersediaan fasilitas listrik serta kondisi sarana dan prasarana seperti infrastruktur jalan menuju lokasi yang masih rusak parah. Apalagi gedung ini direncanakan akan diremikan langsung oleh Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara (MenPAN).

Hingga April 2010 ini, tahap pembangunan fisik gedung telah mencapai 85,6%, dan diperkirakan pada bulan Juli 2010 seluruh pekerjaan pembangunan fasilitas gedung telah selesai dan siap untuk diresmikan. Gedung baru ini terdiri dari dua bangunan induk yaitu bangunan utama yang digunakan sebagai tempat kegiatan administrasi perkantoran dengan tiga lantai serta gedung asrama dengan empat lantai dan memiliki daya tampung 80 orang. (Lina)

1 komentar: