GEDUNG BARU BANDIKLAT KALTIM MENUJU PENINGKATAN PERFORMANCE SDM APARATUR

Badan Pendidikan dan Pelatihan (Bandiklat) Provinsi Kalimantan Timur baru saja meresmikan gedung barunya yang berlokasi di Jl. HM. Rifadin Samarinda Seberang pada hari Senin, 9 Agustus 2010. Gedung dengan luas areal 10 hektar ini diresmikan langsung oleh Gubernur Provinsi Kaltim, Dr. H. Awang Faroek Ishak yang ditandai dengan pelepasan balon ke udara. Gedung ini sekaligus menjadi gedung diklat dengan fasilitas pendidikan dan sarana penunjang terlengkap, representatif, dan terbesar di kawasan Indonesia Timur.

Dalam sambutannya, Gubernur Kaltim menyampaikan harapan-harapannya ke depan terhadap pembangunan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Provinsi Kalimantan Timur yang kewenangannya diberikan kepada Bandiklat Provinsi Kaltim melalui Keputusan Gubernur Kaltim Nomor 09 tahun 2004 tentang Pembentukan, Susunan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah Provinsi Kaltim. Pembangunan infrastruktur berupa gedung baru ini dapat dijadikan sebagai milestone (tonggak) bagi sejarah kebangkitan diklat di Kaltim. Tugas para Widyaisara pun menjadi semakin berat, karena setidaknya ada 5 pilar utama yang harus dibenahi, yaitu 1) Kelembagaan/Satuan-Satuan Kerja di provinsi harus menjadi kelembagaan yang efektif dan dinamis di seluruh lini; 2) SDM aparatur yang profesional, memiliki kompetensi dan integritas yang tinggi; 3) Ketatalaksanaan yang tertib dan efisien; 4) Regulasi yang menciptakan kondusifitas dan dapat mendorong terciptanya inovasi; 5) Pelayanan prima dan budaya organisasi yang unggul. Kelima pilar utama ini adalah area perubahan yang harus ditata dengan baik melalui tangan-tangan para Widyaiswara.

Dengan tugas Widyaiswara yang semakin berat, maka perlu dilakukan penambahan tenaga-tenaga Widyaiswara yang selama ini hanya berjumlah 14 Widyaiswara. Widyaiswara inipun diharapkan tidak lagi hanya diisi oleh para pensiunan namun dilakukan perencanaan yang baik terhadap tenaga-tenaga muda untuk diproyeksikan sebagai Widyaiswara.

Melalui pembangunan gedung ini pula, berarti Provinsi Kaltim telah berupaya untuk mempersiapkan pemimpin-pemimpin organisasi di Kaltim yang tanggap terhadap perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi yang begitu cepat. Tujuan utama diklat kemudian adalah bagaimana aparatur pemerintah dapat melakukan perubahan mind set sebagai pelayan masyarakat, meningkatkan kualitas dan kecerdasan leadership-nya, dimana kesemuanya diarahkan untuk membina sikap dan kemampuan dalam mendobrak mental barrier agar terbangun pola pikir yang divergen dan mampu menghargai keanekaragaman. Dan pada akhirnya terwujudlah gaya kepemimpinan yang selaras dengan perubahan-perubahan tantangan yang dihadapi kedepan.

Diharapkan pula kedepan, Bandiklat dapat berpotensi sebagai wadah tunggal bagi penyelenggaraan diklat dan mewujudkan penyelenggaraan diklat secara terintegrasi guna meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan kualitas pelaksanaan tugas, sekaligus berusaha menciptakan kepedulian dan kesepahaman bagi penyelenggara diklat, baik dalam hal akreditasi, standarisasi, registrasi maupun sertifikasi. Untuk mewujudkan nilai strategis keberadaan lembaga ini maka Bandiklat Provinsi Kaltim hendaknya terus melakukan upaya-upaya pembenahan dan pembaharuan secara konsisten dan berkelanjutan, baik terhadap materi dan jenis diklat yang telah dan akan dilaksanakan, maupun koordinasi yang intensif tentang kediklatan ke berbagai pihak dan lembaga yang terkait.

Dengan ditandatanganinya batu peresmian oleh Gubernur, maka resmi sudah penggunaan gedung Bandiklat Provinsi Kaltim. Semoga infrastruktur pemerintahan ini dapat berperan optimal dalam meningkatkan kualitas SDM aparatur pemerintah daerah yang mampu mengemban tugas di pemerintahan untuk keberhasilan pembangunan Kalimantan Timur secara berkelanjutan menuju Kaltim Bangkit tahun 2013, demi terwujudnya “Membangun Kaltim Untuk Semua”.

8 komentar:

  1. siiip dech. mohon informasinya tentang jadwal diklat tahun 2011. tq

    zainul karoman
    zk_220995@yahoo.co.id

    BalasHapus
  2. mohon ya dikirm ke email zk_220995@yahoo.co.id

    BalasHapus
  3. tolong informasikan kapan jadwal diklat prajabatan cpns gol II, untuk tingkat prov. kaltim tahun 2011 ini. trims

    BalasHapus
  4. zainul karoman.
    Mohon informasinya schedule diklat tahun 2012. Tq atas segala informasi yang diberikan.
    zk_2205@yahoo.co.id

    BalasHapus
  5. Mohon informasinya schedule diklat tahun 2012. Tq atas segala informasi yang diberikan.

    BalasHapus
  6. mohon informasi jadwal diklat prov kaltim tahun 2012

    BalasHapus