OUTBOND

Reformasi Birokrasi dalam lingkungan internal Lembaga Administrasi Negara (LAN) menuntut adanya manajemen sumberdaya Manusia (SDM) yang efektif dan efisien. Sehingga diharapkan pada akhirnya dapat mewujudkan sosok aparatur (pegawai) yang professional dan memiliki kompetensi di bidangnya masing-masing. Selain itu perkembangan lingkungan eksternal organisasi mengharapkan adanya penyesuaian yang didukung oleh seluruh elemen dalam organisasi. Organisasi harus memiliki kesatuan langkah dan kesatuan tujuan dalam melakukan penyesuaian. Untuk itu perlu diadakan program dan kegiatan yang mendukung pencapaian hal tersebut. Salah satu upaya untuk membantu mewujudkan hal tersebut adalah dengan melaksanakan kegiatan outbond traning yang digagas oleh Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur III Lembaga Administrasi Negara ( PKP2A III LAN).Kegiatan Outbond traning adalah kegiatan pelatihan diluar ruangan atau di alam terbuka (Outdoor) yang menyenangkan dan penuh tantangan.Oleh beberapa organisasi, lembaga dan perusahaan outbond dipercaya dapat meningkatkan kinerja dan performa organisasinya.

Nama dari kegiatan ini adalah “Outbond Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur III Lembaga Administrasi Negara (PKP2A III LAN)”. Tujuan dari kegiatan ini setidaknya dapat di bagi menjadi tiga, Yaitu tujuan bagi organisasi, tujuan bagi pegawai dan tujuan bagi kegiatan selanjutnya.Tujuan bagi Organisasi mempercepat pencapaian Visi dan Misi Organisasi,Terciptanya perilaku organisasi yang positif dengan nilai kebersamaan,kerjasama saling menghormati demi terciptanya dinamika kinerja yang mendukung prestasi.Tujuan bagi individu mempererat tali silahturahmi antar pegawai,menghilangkan friksi-friksi yang timbul dalam dunia kerja,mengasah rasa kebersamaan, kerjasama, saling meghormati dan cinta organisasi. Tujuan bagi kegiatan selanjutnya menjadi pembanding kegiatan yang akan dilakukan selanjutnya.

Kegiatan ini dilaksanakan di Town House Bukit Damai Indah Balikpapan, dengan alamat Jl. MT Haryono, Balikpapan, Kalimantan Timur.Kegiatan Outbond dilaksanakan pada hari kamis tanggal 5 sampai dengan Jum’at 7 Mei 2010.Peserta dari kegiatan out bond ini adalah seluruh pegawai Pusat Kajian Pendidikan dan pelatihan Aparatur III Lembaga Administrasi dengan jumlah 30 (tiga puluh) orang dari jumlah 36 orang Pegawai.Pegawai yang tidak hadir dikarenakan tugas belajar dan cuti.Penyelenggara dalam kegiatan ini adalah MY World Community dengan alamat Jl. MT Haryono Balikpapan. Menilik tujuan-tujuan yang disampaikan sebelumnya maka diperlukan pemilihan materi-materi yang mendukung pencapaian tujuan yang dimaksud. Materi yang disampaikan dibagi dua bagian .Bagian pertama adalah materi dengan muatan-muatan perilaku organisasi. Dalam materi ini peserta secara individu maupun secara bersama-sama untuk melakukan permainan yang melatih kepekaan peserta dalam berprilaku di organisasi seperti mengasah kepekaan terhadap sesama, rasa kebersamaan, keterbukaan dan saling bekerjasama dalam bekerja. Bentuk Kedua adalah materi dengan muatan-muatan teknik survival dan penyelamatan dalam keadaan bencana khususnya di dalam air. Materi ini menggunakan media kolam renang dengan memanfaatkan alat bantu keselamatan seperti pelampung. Bentuk penyampaian materi dalam kegiatan ini dapat dibedakan menjadi dua jenis. Jenis yang pertama adalah melakukan game/permainan di antaranya Ball Game, Trust Building Game, Magic Stick dll. Bentuk ke dua adalah dengan metode diskusi dalam kelompok kecil dan besar. Diskusi dibimbing langsung oleh trainer dengan mengambil tempat di lapangan maupun di ruang kelas.Untuk Penyampaian materi di dalam kelas di lakukan pada malam hari. Dan untuk memudahkan penyampaian materi peserta outbond di bagi kedalam 2 kelompok yaitu kelompok “Basoka” dan kelompok “Prikitiew”. Kegiatan outbond ini hanyalah salah satu media pembantu namun sesungguhnya pencapaian masing-masing tujuan ada ditangan individu-individu peserta sendiri. Apa yang diperoleh dalam kegiatan outbond ini hendaknya tidak hilang begitu saja. Untuk itu secara individu dan bersama-sama hendaknya peserta dapat menjaga nilai-nilai positif dari kegiatan outbond ini.(Chandra)

1 komentar: