Rekruitmen CPNS PKP2A III LAN 2009

Dalam rangka memenuhi kebutuhan dan meningkatkan kinerja Organisasi, maka Lembaga Administrasi Negara mengadakan Proses Penerimaan calon Pegawai Negeri Sipil. Adapun formasi yang disediakan merupakan akomodasi terhadap kebutuhan pegawai baik bagi Lembaga Administrasi Negara, PKP2A III LAN yang ada di Bandung, Makassar, Samarinda, dan Aceh sebagai ‘keluarga baru’ LAN. Khusus PKP2A III LAN mendapat jatah 2 formasi yang diperebutkan oleh para pelamar yakni formasi Perencanaan dengan kualifikasi pendidikan S1 ekonomi Pembangunan dan formasi Pengadministrasian BMN (Barang Milik Negara) dengan kualifikasi pendidikan D3 Akutansi.



Proses Penjaringan secara keseluruhan meliputi 7 tahapan, dimulai dari penerimaan lamaran hingga pengusulan penetapan NIP ke BKN. Penerimaan lamaran meliputi pengiriman berkas lamaran, verivikasi administrasi berkas lamaran, dan pengumuman pelamar yang dipanggil mengikuti tes tertulis, hal ini mengingat tidak semua peserta yang mendaftar dapat mengikuti tes, karena berdasar ‘tradisi ‘LAN hanya peserta yang menempati urutan Indeks Prestasi (IP) 15 besar dan memenuhi syarat administrasi lainnya yang dapat mengikuti tes tertulis. Hal ini merupakan indikator betapa ketatnya standart yang ditetapkan oleh LAN terhadap Calon Pegawai baru sebagai generasi muda LAN selanjutnya.
Materi ujian tahap pertama meliputi tes pengetahuan umum dan tes bahasa inggris yang soal dan pengawas pelaksanaannya langsung didatangkan dari Jakarta (LAN). Jika peserta tes dalam tahap pertama lolos, maka untuk tahap selanjutnya, peserta yang biasanya sudah mengerucut ke dalam 5 besar berhak untuk mengikuti Tes potensi Akademik, Psikotes dan Wawancara yang dilaksanakan 3 hari secara berturut-turut. Khusus Tes Potensi Akademik, soal yang diujikan berasal dari Bapenas dan dalam pelaksanaan ujiannya juga diawasi oleh perwakilan Bapenas. Selanjutnya materi Psikotes , dan terakhir proses wawancara yang dilakukan oleh pejabat yang berkompeten yang merupakan perwakilan dari LAN Jakarta, Kapus serta para Kabid dilingkungan PKP2A III LAN.
Dengan tahapan yang panjang tersebut diharapkan peserta yang terjaring merupakan sosok yang capable, readiable dan powerfull untuk menjawab tantangan dunia kerja di Lembaga Administrasi Negara yang serba cepat. Setelah tersaring dari berbagai proses, akhirnya terjaring nama Ahmad Zaini, SE dan Candra Imilda Dewi, A. Md. Semoga kedua ‘pendatang baru’ di PKP2A tersebut dapat membawa ritme pekerjaan lebih menggeliat sebagai tambahan energi di tubuh PKP2A III LAN. Selamat datang kawan-kawan baru…(Yuni)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar