Pengembangan SDM Kaltim di masa Depan

Sumber Daya Manusia Aparatur yang tangguh sangat diperlukan dalam era globalisasi sekarang ini, karena peran yang mereka mainkan dalam aktivitas sehari-hari merupakan cerminan dari suatu organisasi di masa yang akan datang. Kalimantan Timur memiliki 14 Kabupaten/ Kota, merupakan salah satu Propinsi yang berkembang dengan pesat di berbagai sektor, tentunya sangat penting untuk memiliki Aparatur yang Kompeten, berintegritas tinggi serta memiliki skill yang baik guna menunjang Program Pemerintah Daerah.
Widyaiswara pun memegang peranan yang sangat penting dan strategis untuk menggembleng para PNS yang nantinya akan memikul beban dan tanggung jawab yang besar bagi pengembangan Sumber Daya Manusia yang ada di Kalimantan Timur. Untuk memantapkan peran Widyaiswara di daerah inilah PKP2A III LAN Samarinda kembali mengumpulkan para Widyaiswara di Kalimantan Timur untuk sama-sama berdiskusi mengenai strategi Kebijakan Pengembangan SDM Aparatur khususnya daerah Kaltim. Pembinaan kali ini dibuat sambil menunggu waktu berbuka Puasa, yang dilaksanakan pada tanggal 15 September 2009 di Aula PKP2A III LAN. Narasumber yang diundang pun memang dipilih orang yang membidangi bidang tersebut yaitu Prof.Dr. Dwi Nugroho Hidayanto, selaku staf ahli Gubernur Kaltim Bidang Pengembangan SDM Aparatur.
Adapun tujuan dari Pembinaan WI ini adalah agar para Widyaiswara memiliki pengetahuan dan memahami strategi kebijakan Pengembangan SDM Aparatur dan memiliki kemauan serta kemampuan untuk meningkatkan kualitas diri agar menjadi transformer yang handal bagi Aparatur didaerah. Acara ini dibuka oleh Kapus PKP2A III LAN Samarinda, dalam sambutannya beliau menyampaikan ”SDM yang profesional yang kita inginkan idealnya harus dimulai dengan rekruitmen yang memang sesuai dengan kebutuhan, yang telah dilakukan kajian komprehensif sebelumnya, mulai dari perencanaan, pengadaan, penempatan, pengembangan pegawai, penilaian kinerja, promosi, pendidikan dan pelatihan, kompensasi, renumerasi, terminasi serta penerapan peraturan disiplin pegawai agar terwujud SDM yang berkualitas dan dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi pengembangan daerah.
Dalam pemaparan materinya narasumber menjelaskan arah pembangunan SDM Kaltim, terutama Kaltim bangkit pada 2013 nanti, yang mana pembangunan SDM Kaltim harus mampu mewujudkan masyarakat Kaltim yang berdaya saing tinggi, sejahtera, ditunjang dengan pemerintahan yang amanah dengan pemanfaatan sumber daya alam serta jaringan berbasis teknologi. Dan sangat diyakini bahwasannya sektor Pendidikan berperan sangat besar bagi kemajuan daerah Kaltim. Sektor Pendidikan disini mencakup semuanya dari level paling bawah sampai dengan SDM Aparaturnya tentunya. Tanya jawabpun berlangsung dengan atraktif, yang mana kebanyakan dari para Widyaiswara berkeinginan untuk melakukan Audiensi dengan Gubernur, agar dapat bertemu secara langsung dan menumpahkan uneg-uneg yang selama ini mengganjal dalam hati mereka, dan direspon akan mengagendakan rencana pertemuan dengan Gubernur tersebut. (Humairah)

1 komentar:

  1. A good new release program!!Congratulation for all crew...

    Actually the contents of blog are useful,it looks a narrative text.
    is it possible to make it be similar as classified advertisement?So,even the readers just view at glance,they can grasp all the sense message...
    Really sorry,
    We frankly say for this blog updating or a good looking of headline bold.
    Good Luck always....
    Thanks

    BalasHapus