LOKAKARYA PENGEMBANGAN KAPASITAS PEMERINTAHAN DAERAH DI BALIKPAPAN

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pengkajian dan pembuatan rencana aksi pengembangan kapasitas, PKP2A III LAN bekerjasama dengan GTZ SNI-DecGG (Decentralisation as Contribution to Good Governance) Kaltim menggelar Pelatihan Fasilitator Pengkajian Kebutuhan dan Penyusunan Rencana Aksi Pengembangan Kapasitas Pemerintahan Daerah selama 3 (tiga) hari, mulai tanggal 14 – 16 April 2010 di Ballroom Hotel Le Grandeur Balikpapan. Lokakarya ini dibuka secara resmi oleh Kepala PKP2A III LAN, Dr. Meiliana, SE., MM di hari pertama pada tanggal 14 April 2010.

Lokakarya ini diselenggarakan berawal dari rasa ketertarikan Lembaga Administrasi Negara dalam rangka mengetahui perkembangan terbaru tentang panduan pengkajian pengembangan kapasitas yang telah dikembangkan oleh GTZ sejak tahun 2004 lewat proyek kerjasama teknis P4D/SfDM. Pengetahuan tersebut kemudian dilanjutkan pada program good governance / decentralization terutama pada proyek kerjasama teknis CB-Kaltim/ProBANGKIT sejak tahun 2006. Penerapan pendekatan pengembangan kapasitas terbukti telah memperbaiki beberapa unit pelayanan pemerintahan daerah.
Peserta yang hadir pada lokakarya ini sebanyak 29 (dua puluh sembilan) orang yang terdiri dari Lembaga Administrasi Negara yang berasal dari kantor PKP2A di daerah maupun TMKP di Jakarta, Alumni ToF Panduan Praktis (non-LAN), Pemerintah Daerah (berasal dari SKPD-SKPD terkait pengkajian kebutuhan pengembangan kapasitas), serta Non Pemerintah dan akademisi. Peserta yang hadir hampir mewakili dari seluruh provinsi dan daerah di Indonesia, seperti NTB, NTT, Gorontalo, Kaltim, Kalbar, Makassar, Aceh, Bandung, dan DIY. Sedangkan Nara Sumber dan Fasilitator pada pelatihan ini adalah Bapak Roto Priyono (Senior Advisor GTZ SNI-DecGG Kaltim), Ibu Hartian Silawati (Senior Advisor – GTZ), Bapak Jusuf Bunyamin (Advisor Aceh Government Stabilization Initiative, Uni Eropa), Bapak Firdaus Noor (Praktisi Pengelolaan sumber daya manusia), dan Bapak Adrianto (Konsultan / Pakar SDM).
Hari pertama lokakarya ini diawali dengan laporan penyelenggaraan yang disampaikan oleh Kepala Bidang Diklat Aparatur PKP2A III LAN, Dr. H. Andi Taufik, M.Si, yang kemudian dilanjutkan oleh penyampaian sambutan dari Kepala PKP2A III LAN, Dr. Meiliana, SE., MM. Setelah itu pihak GTZ SNI-DecGG yang diwakili oleh Bapak Roto Priyono sebagai Senior Advisor, memberikan pengantar dan penjelasan proses dan agenda pelatihan.
Hari kedua lokakarya tidak jauh berbeda dengan hari pertama, yaitu penyampaian materi oleh beberapa Nara Sumber, yang kemudian dilanjutkan oleh diskusi dan presentasi kelompok. Semua peserta tampak sangat responsif dan interaktif dalam menyimak materi yang diberikan. Mereka juga sangat akrab satu sama lain, hal ini terlihat dari suasana kekeluargaan yang terjalin baik pada saat mengikuti materi, maupun pada saat makan bersama. GTZ semakin mempererat rasa kekeluargaan yang ada dengan menjamu makan malam di Restoran Sea Food Ocean, lengkap dengan organ tunggal sehingga para peserta, fasilitator, Team Leader GTZ, Kepala PKP2A III LAN, bahkan Kepala LAN RI ikut menyumbangkan suaranya serta menari bersama selepas makan malam.

Pada hari terakhir lokakarya ini, Kepala LAN RI Bapak Dr. Asmawi Rewansyah, M.Sc memberikan materi pada sessi terakhir sekaligus menutup acara lokakarya ini dengan resmi. Bapak Sascha Rusgiarto selaku Team Leader Sub-National Implementation GTZ juga turut memberikan sambutan dan apresiasinya pada acara tersebut. Pada akhir acara panitia membagikan Sertifikat, Buku Kenangan serta seluruh materi pelatihan yang dikemas dalam bentuk CD. Dari penyelenggaraan lokakarya ini diharapkan ke depannya akan ada beberapa kemungkinan kerjasama antara peserta dan Program DecGG. (Lany)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar