Tenaga Pendidik Polisipun Mendapatkan Pembinaan


Sebagai bagian dari Aparatur Negara yang bertugas untuk memberikan Pendidikan dan Pembinaan pada anggota Kepolisian, tenaga Pendidik Polisi atau yang lebih dikenal dengan Guru Polisi memiliki peran yang cukup besar dalam peningkatan kualitas SDM, khususnya di Kalangan Kepolisian Daerah Kalimantan Timur. PKP2A III LAN Samarinda juga merasa perlu untuk memberikan Pembinaan, sebagaimana salah satu Tupoksinya adalah sebagai Instansi Pembina Diklat.
Berbekal dengan Nota Kesepahaman yang telah ditandatangani antara Kapolda Kalimantan Timur dengan Kapus PKP2A III LAN, kamipun mencoba melakukan kerjasama. Yang mana kerjasama tersebut tertuang dalam Pasal 3 tentang Ruang Lingkup kerja sama meliputi: Pendidikan Akademik Profesional dan Pendidikan dan Pelatihan, Pengkajian, Litbang, Seminar, Lokakarya, Perbantuan Tenaga Pengajar, Perbantuan Tenaga Ahli dan kegiatan lain yang disepakati bersama.

Dengan mengambil tempat di Aula Anton Sujarwo, Sekolah Polisi Negara Balikpapan, PKP2A III LAN menggelar Pembinaan Widyaiswara VI, yang kali ini khusus pesertanya adalah para Tenaga Pendidik Kepolisian. Kegiatan ini dilangsungkan pada hari Rabu, tanggal 2 Desember 2009.
Banyak memang hal-hal yang tidak lazim ketika kita biasa membuat acara yang khusus untuk Widyaiswara dengan acara yang dihadiri oleh peserta dari anggota Kepolisian ini. Salah satunya adalah pada awal Registrasi. Peserta dengan tertib memasuki ruang tempat pelaksanaan acara, kemudian duduk dibangku yang telah ditentukan, setelah itu komandan memberi aba-aba untuk para peserta berhitung, agar ketahuan berapa jumlah peserta yang hadir dan tidak. Setelah itu barulah absensi diedarkan oleh petugas yang ditunjuk. Kami dari Panitiapun juga turut membantu membagikan Kit kepada peserta. Dalam waktu kurang lebih 15 menit semua kit telah terbagi dan peserta telah mengembalikan Form Biodata. Benar-benar Disiplin. Acara pun berlangsung tepat Waktu. Pukul 08.30 acara telah benar-benar dimulai. Diawali dengan sambutan oleh Karo Pers yang menggantikan Kapolda yang berhalangan hadir, dalam sambutannya beliau sangat mendukung sekali kegiatan yang dilaksanakan oleh PKP2A III LAN dan berharap terus ditingkatkan dimasa yang akan datang.
Acara ini secara resmi dibuka oleh Kapus PKP2A III LAN ibu Meiliana. Beliau juga menegaskan bahwa Peran serta Tenaga Pendidik menjadi sangat penting karena diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM Aparatur Negara, tidak hanya kemampuan intelektual semata, tapi juga kematangan emosionalnya. Dan berharap hubungan sinergis dan saling menguntungkan ini terus dipelihara dan ditingkatkan kualitasnya dimasa yang akan datang.
Sebagai Narasumber dalam Kegiatan ini adalah Prof. Dwi Nugroho Hidayanto, Guru besar FKIP Unmul Samarinda juga Staf Ahli Gubernur Bidang Pengembangan SDM Aparatur. Dalam materinya Prof Dwi menjelaskan tentang bagaimana mengajar orang dewasa, yang tentunya harus benar-benar dipahami oleh seorang Pendidik, mengupayakan mendidik dengan hati serta ikhlas agar peserta didikpun menjadi berkualitas. Acara juga semakin hangat karena diselingi dengan beberapa permainan yang mampu membangkitkan semangat dan keceriaan para peserta.(Humairah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar