PKP2A III LAN DAN KODAM VI/TANJUNGPURA TANDATANGANI MOU


Pengembangan jaringan kerjasama dengan berbagai instansi terus dilakukan oleh PKP2A III LAN. Tidak hanya dengan instansi pemerintah daerah tetapi juga dengan instansi vertikal termasuk juga institusi militer. Kali ini melalui penandatanganan Naskah Kesepahaman Bersama (MoU) yang dilakukan dengan Kodam VI/Tanjungpura bertempat di Makodam VI/Tanjungpura, Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, pada tanggal 10 Maret 2010.

Penandatanganan MoU dilakukan langsung oleh Panglima Kodam VI/Tanjungpura, Mayjen TNI Tono Suratman, dan Kepala PKP2A III LAN, Dr. Meiliana, SE, MM, serta disaksikan oleh jajaran pimpinan dari kedua instansi. Ini merupakan titik awal yang penting dan sebagai payung hukum bagi kedua instansi untuk menyelenggarakan kerjasama konkrit lebih lanjut di masa depan.

PKP2A III LAN yang mempunyai tugas pokok menyelenggarakan kajian / penelitian dan pengembangan di bidang Administrasi Negara dan pendidikan dan pelatihan aparatur negara, memiliki wilayah pelayanan utama di seluruh Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Barat. Dalam rangka melaksanakan tugas pokok tersebut, PKP2A III LAN telah melakukan berbagai kegiatan, antara lain penelitian yang berkaitan dengan pengelolaan kawasan perbatasan, pembinaan widyaiswara dan lembaga diklat daerah, bimbingan teknis serta berbagai lokakarya yang berkaitan pelayanan publik, dan sebagainya.


Hal ini paralel dengan wilayah teritorial Kodam VI/Tanjungpura yang meliputi empat provinsi di seluruh wilayah Kalimantan. Kodam VI/Tanjungpura tidak hanya melaksanakan tugas pertahanan dan pembinaan teritorial tetapi pada kenyataannya juga melaksanakan tugas pelayanan publik melalui beberapa unit yang dimilikinya antara lain rumah sakit dan sekolah-sekolah umum. Unit-unit tersebut memberikan pelayanan secara terbuka, tidak hanya terbatas untuk kalangan militer tetapi juga kepada masyarakat luas. Oleh karena itu, kesepahaman bersama ini memberikan peluang yang lebih besar bagi para pegawai penyedia layanan tersebut untuk meningkatkan kapasitas dan profesionalismenya melalui berbagai kegiatan pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan oleh PKP2A III LAN.

Selain itu, potensi kerjasama yang bisa dilakukan adalah kegiatan penelitian, seminar maupun lokakarya mengenai isu-isu strategis dan aktual di Kalimantan dalam rangka memberikan rekomendasi kebijakan dan input bagi para pengambil kebijakan. Berbagai potensi persoalan seperti pengelolaan kawasan perbatasan, penyelundupan, terorisme, illegal logging, trafficking dan sebagainya yang berpotensi terjadi di wilayah Kalimantan tentu menjadi perhatian banyak pihak termasuk Kodam VI/Tanjungpura dan PKP2A III LAN.

Maka setelah kegiatan penandatanganan MoU ini perlu ditindaklanjuti dengan berbagai kegiatan yang konkrit baik dalam hal peningkatan kapasitas dan pengembangan SDM Aparatur penyelnggara pelayanan publik maupun perumusan saran dan kebijakan yang berkaitan dengan persoalan-persoalan yang ada di wilayah Kalimantan.* (Andi Wahyudi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar