PROFIL BADAN DIKLAT PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

Terdepan dalam Diklat Aparatur di Kawasan Timur Indonesia 2010, dengan visi tersebut, Badan Diklat Provinsi Kalimantan Timur merupakan unsur pelaksana Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur di bidang pendidikan dan tugas pelatihan bagi aparatur/pegawai negeri sipil dan masyarakat Kalimantan Timur. Seiring dengan berjalannya waktu, sejak awal berdirinya pada tahun 1990, Badan Diklat Provinsi Kalimantan Timur telah berkembang dari organisasi pendidikan dan pelatihan kecil menjadi sebuah lembaga Pendidikan dan Pelatihan yang besar, yang pada tahun 2004 telah dimantapkan organisasinya berdasarkan Keputusan Gubernur Kalimantan Timur Nomor 09 tahun 2004.
Sejak ditetapkannya Badan Diklat Provinsi Kalimantan Timur sebagai lembaga yang menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan bagi aparatur pemerintah, maka Badan Diklat Provinsi telah membuktikan keberhasilannya dalam penyelenggaraan Diklat Aparatur Pemerintah. Karena itulah, sejak tanggal 23 April 2003 Badan Diklat Provinsi Kalimantan Timur telah mendapatkan Sertifikasi dan Akreditasi untuk menyelenggarakan Diklat Pim Tingkat III dan Diklat Pim Tingkat IV, serta Diklat Prajabatan Golongan I, II dan III dengan dikeluarkannya Keputusan Kepala LAN RI No.306/IX/6/4/2003. Jumlah alumni yang telah dihasilkan sampai sekarang lebih dari 20.000 alumni yang berasal dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur dan dari Pemerintah Kota/Kabupaten di Kalimantan Timur yang berpartisipasi mengikuti program diklat aparatur.
Untuk mendukung perannya tersebut, Badan Diklat Provinsi Kalimantan Timur pun memiliki 69 tenaga pengelola yang berpengalaman di bidang pelatihan, termasuk 15 Tenaga Pengajar/Widyaiswara. Serta di tambah tenaga pengajar lainnya yang terdiri dari pejabat struktural dan tenaga ahli dari berbagai instansi. Seluruh tenaga pengajar memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman pada organisasi dan manajemen, administrasi pemerintah dan bidang teknis lainnya dari berbagai keahlian.
Selain tenaga pengelola yang berpengalaman, Badan Diklat Provinsi Kalimantan Timur juga dilengkapi dengan Kampus Utama Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Kalimantan Timur yang berada di Kota Samarinda sebagai pusat pemerintahan. Selain itu Badan Diklat Propinsi Kalimantan Timur juga memiliki akomodasi/penginapan bagi peserta diklat dengan kapasitas untuk ± 150 orang peserta, yang dilengkapi ruangan ber-AC dan TV serta fasilitas standar lainnya. Akomodasi lainnya yang terdapat pada Badan Diklat Provinsi Kalimantan Timur antara lain:
• Ruang belajar yang representative lengkap dengan peralatan penunjangnya, dengan jumlah 7 unit yang mampu menampung peserta Diklat sebanyak ± 160 orang.
• Ruang serbaguna sebanyak 2 unit, yang memiliki kapasitas daya tampung masing-masing ± 300 orang, dan dapat dipergunakan untuk kegiatan olahraga indoors.
Ruang Perpustakaan, dengan koleksi buku berjumlah ± 1.000 buah judul buku.
• Laboratorium Komputer, berkapasitas 20 unit berbasis LAN.
• Asrama sebanyak 2 unit, dengan jumlah kamar sebanyak 66 buah dilengkapi dengan AC dan TV, serta memiliki daya tampung sebanyak 172 tempat tidur.
• Gedung untuk keperluan pelayanan Administratif, yang memiliki luasan lantai ± 760 M2.
• Lapangan Parkir, kapasitas ± 100 kendaraan roda 4 dan 200 roda dua.
• Mushola, dapat menampung ± 50 Jamaah.
• Cafe/Ruang Makan yang sangat nyaman.
• Genset, jika terjadi mati lampu, sehingga kegiatan tidak akan terganggu dan dapat terus berlangsung.

1 komentar:

  1. Salam NMA...NMA Training Center siap bekerjasama dengan BADAN DIKLAT PROVINSI KALIMANTAN TIMUR.

    BalasHapus