PKP2A III LAN Samarinda Mencapai Target 5 Daerah Aplikasi

Catatan Rapat Pertukaran Pengalaman Asistensi Penggunaan Manual Praktis Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Partisipasi Masyarakat dalam Rangka Mewujudkan Kepemerintahan yang baik oleh Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia

Teamwork allows common people to attain uncommon results

(Jakarta – TD) – Selama sehari penuh pada hari Rabu, 11 Februari 2009 Tim Lembaga Administrasi Negara bersama-sama dengan perwakilan dari tiga Pusat Kajian dan Pendidikan Aparatur I, II & III serta Pusat Diklat TMKP Jakarta mengikuti rapat pertukaran pengalaman asistensi yang diinisiasi oleh SfGG – GTZ. Rapat ini dihadiri oleh 14 perwakilan dari LAN & GTZ yang terdiri dari Kepala Biro Perencaaan, Organisasi dan Kerjasama LAN, Bapak Drs. Guntur Karnaeni, M.Si., Penanggungjawab Operasional dari Pusdiklat TMKP LAN Jakarta dan ‘Trio’ Kabid Diklat PKP2A I, II dan III LAN Bandung (Kang Baban, Daeng Idris & Bang Andi), Fasilitator (Ivonne, Muttaqin, Sirodz), Pengelola Keuangan dan Tim SfGG – GTZ (Pak Tumpal, Teh Neng, Kusumo dan Bu Louis) bertempat di Hotel Gran Mahakam Blok M, Jakarta.
Rapat ini membahas dinamika dalam pengorganisasian dan pelaksanaan sosialisasi/promosi serta pemberian asistensi teknis dan fasilitasi penggunaan manual praktis kepada instansi/sektor/unit pelayanan, dimasing-masing pusat LAN dan di masing-masing daerah yang berbeda-beda. Hal ini dipandang dapat memiliki nilai pengalaman dan pembelajaran yang perlu dipertukarkan agar dapat memperkuat kesiapan masing-masing pusat LAN dalam mengelola dan melaksanakan pemberian asistensi teknis. Dalam Rapat ini masing-masing Satker LAN mempresentasikan pengalaman fasilitasi/asistensi teknis Penggunaan Manual Praktis (aspek pengorganisasian, keuangan dan teknis) dan kendala-kendala yang dialami sehingga dapat menemukan solusi yang pas. Presentasi berturut-turut diawali dari perwakilan TMKP LAN, PKP2A I LAN Bandung, PKP2A II LAN Makassar dan diakhiri oleh PKP2A III LAN Samarinda. Dari pemaparan para presenter didapat beberapa hal penting yang manjadi catatan bersama antara lain mengenai treat and tips mendapat daerah baru yang menggunakan berbagai pendekatan, kendala-kendala yang dialami sehingga dapat dicarikan solusi yang tepat agar memperkuat kesiapan LAN dalam memfasilitasi asistensi teknis Penggunaan Manual Praktis dan menyusun rencana kerja fasilitasi/asistensi teknis Penggunaan Manual Praktis baik untuk daerah replikasi maupun daerah baru.
Pada tahun 2008 empat satker LAN mengasistensi penggunaan Manual Praktis kepada 16 daerah kabupaten/kota di 44 unit pelayanan di seluruh Indonesia. PUSDIKLAT TMKP LAN yang memperoleh 3 daerah, PKP2A I LAN Bandung dan Makassar masing-masing memperoleh 4 daerah sedang PKP2A III LAN Samarinda memperoleh 5 daerah.
Walaupun tergolong anggota keluarga termuda di tubuh Lembaga Administrasi Negara, PKP2A III LAN Samarinda telah berhasil membuktikan kekompakan dan kerja kerasnya dibalik pencapaian target aplikasi manual praktis. Hal ini tentunya merupakan kebanggaan tersendiri bagi Tim PKP2A III LAN yang dapat dijadikan sumber motivasi untuk mengulang kesuksesan yang lebih lagi tahun 2009 ini. Semangat terus PKP2A III LAN Samarinda! (Hanna)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar