KELOMPOK BUDAYA KERJA PKP2A III LAN SAMARINDA

Secara umum Budaya Kerja memiliki tujuan untuk mengubah sikap dan perilaku SDM yang ada agar dapat meningkatkan produktivitas kerja untuk menghadapi berbagai tantangan di masa yang akan datang.

Dalam rangka menginternalisasikan nilai-nilai budaya kerja agar menjadi kebiasaan bagi seluruh pegawai PKP2A III LAN Samarinda, sekaligus memupuk semangat kebersamaan, maka dibentuklah satu forum budaya kerja bernama Kelompok Budaya Kerja PKP2A III LAN Samarinda.
Forum ini biasanya dilakukan satu bulan sekali setiap hari Jum’at dan dilakukan secara bergiliran oleh seluruh karyawan PKP2A III LAN Samarinda. Tema yang diangkatpun berbeda-beda, yang jelas bisa memberikan kontribusi yang positif bagi kemajuan dari seluruh karyawan.
Secara umum Budaya Kerja memiliki tujuan untuk mengubah sikap dan perilaku SDM yang ada agar dapat meningkatkan produktivitas kerja untuk menghadapi berbagai tantangan di masa yang akan datang. Sedangkan Pembentukan Kelompok Budaya Kerja (KBK) dan pengembangan nilai-nilai budaya kerja di lingkungan PKP2A III LAN Samarinda memiliki tujuan sebagai berikut:
1.Mendorong lahirnya kreativitas, intuisi, motivasi, dan komitmen dari seluruh pegawai PKP2A III LAN Samarinda dalam mewujudkan Visi dan Misi.
2.Membangun mimpi bersama (shared vision) serta menetapkan tujuan dan sasaran secara bersama-sama, antara lain melalui upaya mempererat kebersamaan, kekeluargaan, keterbukaan, dan saling kepercayaan antara pimpinan dan bawahan, serta antar pegawai.
3.Memperkuat mekanisme kelompok dalam penyusunan program dan/atau pemecahan masalah yang menyangkut kepentingan sebagian besar pegawai PKP2A III LAN Samarinda.
4.Meningkatkan kinerja individual, kinerja kelompok, dan kinerja organisasi secara progresif dan berkelanjutan.
Program / kegiatan yang dilakukan Kelompok Budaya Kerja PKP2A III LAN Samarinda antara lain:
a.Penyusunan logo, motto, semboyan dan tema ungkapan;
b.Penyelenggaraan dakwah dan khotbah;
c.Penyelenggaraan outbound atau family-day;
d.Pemantauan kondisi-kondisi tertentu seperti pelayanan kantor, tingkat disiplin, keadaan meja kerja, dan sebagainya dengan menggunakan instrumen tertentu;
e.Mengusulkan kepada pimpinan organisasi untuk menerapkan sistem reward and punishment, misalnya dalam bentuk pemilihan Pegawai Teladan;
f.Melakukan penilaian kondisi lingkungan kerja dan menyampaikan usulan perbaikan kepada pimpinan organisasi;
g.Program / kegiatan lain yang dipandang perlu.
Forum ini juga dijadikan ajang untuk melatih keterampilan presentasi dari pada pegawai baru agar dapat mencapai standart kompetensi yang memadai dalam menjelaskan materi dan berargumentasi. Dalam beberapa paparan telah dilakukan seperti Setting gelombang organisasi oleh Tri Widodo,W.U, Persepsi dan Imajinasi oleh Rustan Amrullah, Optimalisasi diri dengan mempertajam intuisi oleh Fani Heru Wismono, Bersyukurlah oleh Tri Noor Aziza, Manajemen Konflik oleh Tri Wahyuni, Brand Personality oleh Rokip Purnomo. Kepala PKP2A III LAN Samarinda Meiliana mengatakan bahwa forum ini akan dapat mempersiapkan tenaga-tenaga muda di LAN dalam menghadapi tantangan organisasi dimasa yang akan datang. (Izza)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar