DIKLAT PRAJABATAN LAN 2009 DI JATINANGOR

Laporan dari Jatinangor
Generasi Baru Harapan Baru LAN di Masa Depan
Sebagai tindak lanjut dari keseluruhan proses Penerimaan Pegawai Formasi 2007 di Lembaga Administrasi Negara khususnya di lingkungan PKP2A III LAN maka di laksanakan Pelatihan Prajabatan sebagai proses ‘penggodokan’ terakhir bagi Calon Pegawai baru yang selama ini telah menyandang titel CPNS.


Latihan Prajabatan ini merupakan amanah dari UU No. 43 Tahun 1999 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian sebagaimana tercantum dalam pasal 31. Diklat Prajabatan ini dimaksudkan untuk memberikan bekal pengetahuan, Ketrampilan, dan pembentukan perilaku bagi CPNS agar mempunyai kemampuan dan etika dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab, disamping itu pendidikan dan pelatihan jabatan bagi Pegawai Negeri Sipil juga dimaksudkan agar dapat menjamin keserasian pembinaan Pegawai Negeri Sipil.
Diklat Prajabatan tahun ini sangat luar biasa sekali karena dapat terlaksana secara terintegrasi, sesuatu yang dulu pernah di lakukan LAN tapi lama tidak terlaksana dan akhirnya kini muncul kembali. Banyak keuntungan bagi para CPNS yang mengikuti Diklat Prajab secara terintegrasi. Bertemu dengan teman–teman CPNS di lingkungan LAN secara keseluruhan, para Widyaiswara yang 99% berasal dari LAN, tempat Diklat juga di LAN, dan materi-materi pembelajaran yang banyak ‘diselipi’ dengan materi-materi tentang keberadaan LAN merupakan nilai plus dari pelaksanaan Diklat Prajabatan secara terintegrasi dibanding melaksanakan Diklat Prajabatan secara sendiri-sendiri.
Diklat Prajabatan kali ini di laksanakan di PKP2A I LAN Bandung, terbagi atas 2 bagian, yakni Diklat Prajabatan untuk Gol III dan Diklat Prajabatan untuk Gol II. Untuk Golongan III diikuti oleh 31 peserta dan Golongan II diikuti oleh 24 peserta, adapun waktu pelaksanaan diklat dimulai dari tanggal 29 Januari 2009 dan berakhir pada tanggal 21 Februari 2009. Udara Jatinangor yang begitu sejuk dan gedung yang begitu megah memberikan arti dan semangat tersendiri dalam melalui hari-hari selama proses pembelajaran.
Materi rata-rata dimulai pada pukul 7.30 dan berakhir pukul 19.30, namun begitu keceriaan masih nampak diantara wajah-wajah lelah peserta diklat. Hal ini tidak terlepas dari keberadaan para Widyaiswara yang kompeten, nyaman, dan sistematis serta mempunyai sense of humor dalam menyampaikan materi pembelajaran sehingga tidak menimbulkan rasa kantuk dan kebosanan. Satu lagi keistimewaan lainnya dari Diklat Prajabatan bagi para CPNS di lingkungan LAN tahun ini, yakni masuknya dua materi diklat baru, yaitu Good Governance dan Mind Setting.
Tujuan dari pembelajaran Good Governance adalah agar para CPNS yang notabene adalah Pelayan Masyarakat mengetahui apa itu prinsip-prinsip Good Governance dan bagaimana mengaplikasikannya dalam organisasi kerja kita masing-masing. Adapun Materi Mind Setting atau pola pikir diajarkan dengan maksud untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme Pegawai Negeri Sipil dalam hal ini menerapkan pola pikir PNS agar mampu memberikan pelayanan prima kepada pelanggan baik Internal maupun Eksternal.
Pola Pikir sebagaimana diketahui adalah Pola dominant yang menjadi acuan utama seseorang untuk bertindak. Dengan mempelajari tentang pola pikir yang baik dan pola pikir yang buruk maka akan dapat memberikan gambaran tentang bagaimana membangun dan menstimulus pola pikir yang baik dan membuang pola pikir buruk yang mungkin selama ini dalam diri kita secara tidak tersadari, sehingga dengan pemahaman yang baik akan pola pikir dapat tercipta Konsep Diri PNS yang jelas yakni: 1. Bekerja adalah sebagai Ibadah; 2. menghindari sikap tidak terpuji; 3. pelayanan dan pengayoman masyarakat; 4. Bekerja sesuai dengan peraturan yang berlaku; 5. selalu meningkatkan kompetensi dirinya secara terus menerus; 6. tidak rentan terhadap perubahan; 7. terbuka dan realistis; 8. dapat bekerja secara sistematis, dan 9. mampu bekerja secara professional.
Semoga Diklat Prajabatan yang sudah didesain luar biasa ini menghasilkan sesuatu yang luar biasa pula. PNS yang jujur, terampil, professional, serta mempunyai komitmen yang tinggi terhadap negara adalah harapan luar biasa dari setiap penyelenggaraan diklat, termasuk Diklat PraJabatan LAN Angkatan I Tahun 2009 sebagaiman slogannya …Diklat Prajabatan …..Kompak…Sukses…Jaya....Yess.(Yuni)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar